PENGERTIAN SOFTSKILL
Softskill adalah suatu kemampuan, bakat, atau keterampilan yang ada di dalam diri setiap manusia. Softskill adalah kemampuan yang dilakukan dengan cara non teknis, artinya tidak berbentuk atau tidak kelihatan wujudnya. Namun , softskill ini dapat dikatakan sebagai keterampilan personal dan inter personal.
Yang dimaksud softskill personal adalah kemampuan yang di manfaatkan untuk kepentingan diri sendiri. Misalnya, dapat mengendalikan emosi dalam diri, dapat menerima nasehat orang lain, mampu memanajemen waktu, dan selalu berpikir positif. Itu semua dapat di kategorikan sebagai softskill personal.
Softskill adalah suatu kemampuan, bakat, atau keterampilan yang ada di dalam diri setiap manusia. Softskill adalah kemampuan yang dilakukan dengan cara non teknis, artinya tidak berbentuk atau tidak kelihatan wujudnya. Namun , softskill ini dapat dikatakan sebagai keterampilan personal dan inter personal.
Yang dimaksud softskill personal adalah kemampuan yang di manfaatkan untuk kepentingan diri sendiri. Misalnya, dapat mengendalikan emosi dalam diri, dapat menerima nasehat orang lain, mampu memanajemen waktu, dan selalu berpikir positif. Itu semua dapat di kategorikan sebagai softskill personal.
Softskill yang dibutuhkan oleh seorang akuntan dan
auditor diantaranya adalah:
Jujur
disiplin
Bertanggung
jawab
Ramah
Sopan
Cepat
beradaptasi
Hard worker
Teliti
Cerdas
Peka
Empati
Perhatian
Team work
Leadership
Loyalitas
Selain itu ada 6 hal yang harus diperhatikan bagi
seorang akuntan dan auditor diantaranya
1.
Adaptation
Adaptasi sangat diperlukan untuk mempermudah mereka
dalam pengerjaan tugasnya. Adaptasi yang baik akan menghasilkan pekerjaan yang
maksimal pula.
2.
Teamwork
Dengan kerjasama yang baik, pekerjaan yang dilakukan
akan sesuai dengan apa yang diharapkan bahkan bisa selesai dengan tepat waktu.
3.
Communication
Akuntan harus berkomunikasi dengan sesama akuntan
agar dalam proses pembuatan laporan keuangan menjadi lebih mudah sedangkan
auditor memerlukan komunikasi yang baik dalam penyampaian keputusan yang
diambil kepada kliennya.
4.
Critical observation
Harus mampu mengamati suatu masalah yang terjadi
dalam pelaporan dan pengambilan keputusan secara kritis.
5.
Problem Solving
Mampu memecahkan masalah yang terjadi dalam proses
pelaporan dan pengambilan keputusan.
6.
Complication
Mampu mengatasi kesulitan yang terjadi dalam membuat
laporan keuangan dan mengambil keputusan.
Dengan softskill yang baik, Hardskill yang yang
dimiliki akan berkembang dengan baik pula. Keduanya saling berkaitan dalam
melakukan hal apapun termasuk dalam profesi Akuntan dan Auditor. Seseorang
dapat menjadi seorang Akuntan dan Auditor yang sukses apabila memiliki
kemampuan dan softskill yang baik seperti softskill-softskill yang sudah saya
jelaskan diatas.
NAMA :
ADITIYA AMANDA
NPM :
20210181
KELAS :
3 EB 10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar